Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo " SELAMAT BERTUGAS dan Untuk Selalu Ikhlas dan Tersenyum...Singkat itu waktu, Dekat itu Mati, Besar itu Nafsu, Berat itu Amanah, Sulit itu Ikhlas, Mudah adalah buat dosa, Yang tajam itu Lisan, Yang Abadi adalah Amal, Yang dihisab adalah perbuatan, Hal yang terindah jika saling mengingatkan... " I LOVE PUSKESMAS KECAMATAN PASAR REBO
selamat datang di............. "di BLOG PUSKESMAS KECAMATAN PASAR REBO...................SEMOGA CEPAT SEMBUH......terima kasih...atas kunjungannya.....lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain"

Home » » Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Mata

Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Mata

Written By puskesmaskecamatanpasarrebo on Minggu, 21 Juli 2013 | 20.38

Gaya hidup, pekerjaan, kebiasaan makan, lingkungan yang tercemar dan sikap terhadap diri sendiri mempengaruhi semua aspek kesehatan tubuh manusia, termasuk kesehatan mata. Ada beberapa kebiasaan yang secara langsung maupun tidak langsung membuat penglihatan Anda bermasalah.


Apa saja kebiasaan buruk pengganggu kesehatan mata tersebut? ini di antaranya:
  • Merokok
Salah satu akibat buruk dari merokok adalah, rusaknya penglihatan. Ada banyak zat kimia dalam rokok yang merugikan bagian sensitif dari retina yang biasanya disebut makula. Zat tersebut dapat menyebabkan sel-sel dalam makula mati.
  • Ketegangan
Tanpa disadari, terkadang kita memberi terlalu banyak beban pada mata. Membaca, bekerja depan komputer, menonton TV, bermain ponsel, dan banyak lagi kegiatan yang memaksa mata bekerja terlalu lama. Ini membuat otot mata tegang dan bila berlangsung lama bisa merusak mata. Usahakan batasi penggunaan gadget hanya 5-6 jam saja per hari.
  • Sinar UV
Sinar UV dapat membahayakan mata, sehingga dianjurkan untuk memakai kacamata hitam bila cuaca sedang terik. Bila tidak maka UV bisa membakar kornea dan lensa mata serta merusak retina. Resiko lain adalah timbulnya katarak.
  • Darah tinggi
Penyakit yang satu ini bisa membahayakan mata. Ia dapat merusak pembuluh darah di retina, daerah belakang mata tempat dimana bayangan benda terfokus. Nama penyakitnya dikenal sebagai retinopati hipertensi.
  • Alkohol
Asupan berlebih minuman ini dapat menyebabkan penurunan kinerja visual, penurunan respon, migrain, mata merah, dll.
  • Makanan tak bergizi
Mata membutuhkan vitamin A dan B12 untuk tetap sehat dan bekerja optimal. Bila Anda tak mengonsumsi makanan bergizi dengan zat-zat yang dibutuhkan oleh organ tersebut, otomatis kesehatannya akan menurun.
Jika Anda ingin memiliki penglihatan yang selalu sehat, hindari kebiasaan buruk di atas, ya.
sumber : mba google


Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

cari

 
Support : Klinik Smile | 543598 | Anak Dunia
Copyright © 2013. Puskesmas Pasar Rebo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by 54persen
Proudly powered by Blogger