Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo " SELAMAT BERTUGAS dan Untuk Selalu Ikhlas dan Tersenyum...Singkat itu waktu, Dekat itu Mati, Besar itu Nafsu, Berat itu Amanah, Sulit itu Ikhlas, Mudah adalah buat dosa, Yang tajam itu Lisan, Yang Abadi adalah Amal, Yang dihisab adalah perbuatan, Hal yang terindah jika saling mengingatkan... " I LOVE PUSKESMAS KECAMATAN PASAR REBO
selamat datang di............. "di BLOG PUSKESMAS KECAMATAN PASAR REBO...................SEMOGA CEPAT SEMBUH......terima kasih...atas kunjungannya.....lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain"

Home » » 6 Cara menjaga kesehatan mata

6 Cara menjaga kesehatan mata

Written By puskesmaskecamatanpasarrebo on Senin, 08 Juli 2013 | 10.29

Mata adalah salah satu organ terpenting bagi manusia yang fungsinya adalah untuk melihat. Tanpa mata kita tidak akan tahu betapa indahnya dunia di sekitar kita. Sayangnya, banyak dari kita yang merawat mata dengan cara yang kurang benar, bahkan, tidak sedikit pula yang justru mengabaikan kesehatan mata. 
Untuk merawat dan menjaga kesehatan mata, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Dan berikut ini adalah enam tips untuk menjaga kesehatan mata:

1. Makanan sehat untuk mata
 Makanan yang mengandung asam lemak omega tiga, lutein, zink, dan vitamin A, C, dan E mampu   membantu memperjelas penglihatan dan mengurangi masalah mata akibat penuaan, degenerasi makula, dan katarak.
2. Hati-hati saat menggunakan komputer
Sebagian orang sering mengalami Computer Vision Syndrome, yaitu kondisi sementara yang disebabkan penggunaan komputer dalam waktu lama. Gejalanya berupa lelah mata, sakit kepala, penglihatan tak jelas, mata kering, susah melihat fokus pada jarak tertentu, sakit pada leher, punggung, dan bahu.
Jika Anda harus menggunakan komputer dalam waktu lama, pastikan mengatur ketajaman layar untuk membuat mata Anda nyaman atau gunakan kaca anti silau pada layar komputer. Selain itu, perbanyaklah minum dan berkedip untuk mencegah kekeringan pada mata Anda.
Juga sempatkan untuk beristirahat setiap dua jam dan palingkan mata dari komputer selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Pastikan juga untuk menjaga jarak mata dan layar komputer sesuai dengan anjuran.

3. Gunakan kacamata
Untuk melindungi mata dari sinar UV ketika berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata yang mampu menangkal 99 persen sinar UVA dan UVB karena sinar tersebut dapat meningkatkan resiko mata katarak dan degenerasi makula.

4. Berhenti merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik., demikian hasil sebuah studi.

5. Jangan gunakan alat make up yang sudah lama
Jangan menggunakan alat make up yang sudah berusia lebih dari enam bulan. Gunakanlah kuas rias khusus dan jangan menggunakan kuas yang sama dengan teman karena itu bisa menyebabkan infeksi.

6. Rutin melakukan pemeriksaan mata
Untuk mengetahui kondisi mata dan kemungkinan penyakit pada mata, kunjungilah selalu dokter mata secara rutin.

Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

cari

 
Support : Klinik Smile | 543598 | Anak Dunia
Copyright © 2013. Puskesmas Pasar Rebo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by 54persen
Proudly powered by Blogger